New Zealand terletak di sebelah tenggara Benua Australia, dan terdiri dari 2 pulau besar, yaitu Pulau Utara dan Pulau Selatan. Negara anggota persemakmuran dari Inggris (Commonwealth) ini juga memiliki puluhan pulau-pulau utama.  Luas negara ini sekitar 268.021 km2.

New Zealand terletak di belahan bumi bagian selatan, dan hal ini membuat negara ini memiliki musim yang bervariasi. Di bagian utara beriklim sub-tropis sedangkan di bagian selatan beriklim sedang. Seperti halnya dengan warna dengan negara tetangga Australia, New Zealand mempunyai 4 musim dengan periode yang berlawanan dengan musim di negara-negara Eropa dan Amerika.

Pemerintah New Zealand menjalankan sistem pemerintahan Monarki Konstitutinal dengan Parlementer dan Demokrasi, yang dipimpin oleh seorang Gubernur dan Perdana Menteri; sebagai 2 perwakilan dari Ratu Inggris.

New Zealand Time Zone

Negara yang terkenal dengan domba ini memiliki 2 zona waktu. Daylight Saving time juga diberlakukan di negara ini pada saat musim panas dari minggu terakhir September sampai minggu pertama April, dimana waktu akan manjadi 1 jam lebih awal.

– New Zealand Standard Time (NZST): GMT+12 atau Indonesia WIB+5

– Chatham Standard Time (CHAST): GMT+:45 atau Indonesia WIB+5:45

Sekolah Dasar dan Menengah

 

Sekolah di New Zealand dimulai dari umur 5 tahun. Tahun akademik di negara ini dimulai dari bulan Januari sampai Desember. Secara umum, lamanya pendidikan dasar dan menegah di New Zealand ialah 13 tahun. Primary School sampai dengan year 8, lalu Secondary School sampai year 13. Wajib belajar di New Zealand adalah sampai dengan year 10. Setelah year 10, pelajar boleh meneruskan ke Diploma untuk mendalami keahlian tertentu. Apabila pelajar meneruskan ke Secondary School hingga selesai, mereka akan mendapatkan kualifikasi National Certificate of Educational Achievement (NCEA) yang diakui di seluruh New Zealand.

 

Institute Technology and Polytechnic (ITP)

 

Seperti telah disinggung sebelumnya, pelajar dapat meneruskan untuk mengambil pendidikan dan pelatihan setelah year 10. Mereka dapat mengambil Certificate, Diploma, atau Bachelor Degree di Institut tekonolgi dan politeknik yang ada di New Zealand. Program-program yang ditawarkan menekankan pada pengalaman dan aplikasi praktis dalam situasi kerja, seperti bidang pertanian, seni dan design, bangunan dan konstruksi, studi media, perhotelan, dan pariwisata. Semuanya dikembangkan berdasarkan kerjasama dengan kolompok penasehat yang mewakili industri tersebut, agar program yang diselenggarakan benar-benar relevan, terkini, dan inovatif.

Lulusan pendidikan kejuruan ini memperoleh status yang sama dengan gelar univeritas. Biaya untuk studi di institut teknologi dan politeknik berkisar antara NZ$15.000-NZ$20.000

 

Program Sarjana Profesioanl (Undergraduate Degree) dan Program Paska Sarjana (Postgraduate Degree)

 

New Zealand memiliki 8 universitas yang menawarkan lingkungan balajar yang menarik serta kualifikasi yang bermutu tinggi, mulai dari tingkat sarjana sampai paska sarjana dalam studi akademik ataupun profesional. Kedelapan universitas ini tersebar di seluruh New Zealand. Universitas yang terletak di Pulau Utara diantaranya, The University of Auckland, Auckland University of Technology (AUT), University of Waikato, Massey University, dan Victoria University. Sedangkan yang terletak di Pulau Selatan diantaranya, University of Canterbury, Lincoln University, dan University of Otago.

Biaya kuliah berkisar antara NZ$20.000-NZ$25.000 untuk undergraduate degree dan NZ$22.000-NZ$28.000 untuk postgraduate.

 

New Zealand Qualifcation Authority (NZQA)

 

Sebagai salah satu negara Commonwealth, New Zealand memiliki sistem pendidikan Inggris yang diakui dunia. Kesetaraan kualitas pada semua lembaga pendidikan baik negri maupun swasta diatur oelh NZQA, yang adalah bagian dari Kementrian Pendidikan New Zealand.