Malaysia memiliki 2 daerah wilayah, yang pertama di semenanjung Malaka (Malaysia Barat) dan yang kedua di bagian Utara pulau Kalimantan (Malaysia Timur). Luas dari negara ini adalah sekitar 320.000km2. Sebagai salah satu anggota Persemakmuran dari Inggris (Commonwealth), Malaysia telah mendapatkan kemerdekaan sejak tahun 1963.

Berada di antara Thailand, Singapore, dan Indonesia, Malaysia beriklim sama yaitu iklim Tropis, hangat, dan lembab sepanjang tahun, dengan suhu rata-rata sekitar 22oC-33oC.

Zona Waktu Malaysia adalah GMT+8 atau Indonesia WIB +1.

Sekolah Dasar dan Menegah

 

Di Malaysia, ada beberapa macam tipe sekolah yaitu Sekolah Menengah Kebangsaan yang memakai Bahasa Melayu sebagai pengantar, dan Sekolah Jenis Kebangsaan yang menggunakan Bahasa Inggris, Mandarin, ataupun Tamil sebagai pengantar.
Secara umu, lamanya pendidikan dasar di Malaysia sama dengan di Indonesia yaitu 6 tahun. Pada akhir tahun keenam, palajar akan mengikuti ujian UPSr. Setelah lulus UPSR, pelajar meneruskan ke sekola menengah yang dibagi menjadi 2 tingkat. Tingkatan 1 sampai 3 disebut dengan Menengah Rendah atau Form 1-3, sedangkan tingkatan 4 sampai 5 disebut Menengah Atas atau Form 4-5 dimana pelajar ditawarkan program khusus seperti sains, sastra, dan teknikal.

 

Pendidikan Pra-Univeritas

 

Pendidikan pra-universitas merupakan pendidikan lanjutan setelah pendidikan sekolah menengah dimana pelajar dipersiapkan untuk memasuki universitas, seperti tingkatan 6 (Form 6), Matrikulasi, dan Pendidikan luar. Ujian SPM diadakan sebagai syarat penerimaan pendidikan Pra-Universitas ini.

Biaya untuk program Pra-Universitas rata-rata sekitar RM15.000-RM20.000 per tahun.

 

Program Tingkatan 6 (Form 6)

 

Di tingkatan 6, pelajar diberikan 2 pilihan program, sains atau sastra, yang berlangsung selama 1 tahun 6 bulan. Ujian akhir dari tingkatan ini menentukan masuk tidaknya pelejar ke jenjang universitas, ujian ini adalah Ujian Umum STPM.

 

Program Matrikulasi

 

Khusus program Matrikulasi, lulusan dari program foundation ini akan mendapatkan sertifikat kelulusan yang hanya berlaku di Universitas di Malaysia.

 

Program Sarjana Profesional

 

Malaysia dikenal sebagai pelopor dalam program twinning pada tahun 1980an, dengan bekerjasama dengan universitas luar negeri baik USA, UK, Perancis, New Zealand, Jerman, Australia, dll. Program ini lebih dikenal sebagai 2+1, dimana setelah pelajar menyelesaikan 2 tahun program pembelajaran dalam negri, mereka dapat melanjutkan tahun berikutnya di institusi luar negri untuk mendapatkan gelar sarjana.

Selain Program 2+1, ada juga program 3+0 dari universitas luar negri melalui institusi swasta berlokasi di Malaysia. Dalam hal ini, universitas luar negri memberikan ijin dan adalah partner bagi institusi yang bertempat di negara asal. Biaya kuliah di Universitas berkisar antara RM20.000-RM25.000 per tahun.